Sabtu, 16 Maret 2013

Cara Agar Website Toko Online Terindeks di Mesin Pencari

Saat seseorang sedang mencari suatu produk, dupa wangi, misalnya.
Mustahil ia akan langsung mengetikkan http://toko.sukamampir.com pada
browsernya. Sudah pasti ia akan mengetikkan kata ‘jual dupa wangi’ atau
‘toko dupa online’ pada kolom pencarian. Selanjutnya ia akan memilih
toko yang cocok untuknya berdasarkan deskripsi yang muncul berbarengan
dengan link website pada hasil pencarian.



Semakin tinggi peringkat dalam hasil pencarian, semakin banyak lalu
lintas dan pelanggan potensial bisa masuk ke toko online Anda. Dan cara
mengoptimalkan website toko online juga sulit, hanya dengan mengikuti
beberapa petunjuk mudah berikut ini;


1. Iklan dan media promosi

Jangan bergantung hanya pada media iklan. Gunakan pada saat dimana kita
merasa betul-betul memerlukan bantuan media iklan dan promosi.


Pada saat-saat yang tidak begitu mendesak, toko online hanya perlu
dipromosikan pada beberapa media iklan. Gunakan iklan pay per click saja
semacam Adwords.


Adwords berkaitan dengan SEO karena dapat membantu memperkuat kata
kunci website toko online kita, sebab Adwords tampil berdasarkan kata
kunci yang bisa kita pilih.


Saat nilai penjualan toko online menurut atau saat masuknya
produk-produk baru yang dianggap dapat menyayingi produk pesaing, media
iklan menjadi sangat diperlukan untuk membantu kita.


2. Hindari duplikat konten

Duplikat konten adalah musuh utama mesin pencari, black-hat SEO! Namun,
karena banyak toko online memiliki jumlah besar duplikat konten sebagai
akibat dari deskripsi produk, website toko online cenderung mendapatkan
sanksi oleh mesin pencari.


Oleh karena itu, pemilik toko online perlu mencari cara untuk
mengurangi jumlah duplikat konten berlebihan. Misalnya deskripsi produk
yang kita tulis berdasar review.


3. Memiliki Strategi Konten

Secara berkala menambahkan konten unik dan berkualitas ke website toko
online kita tidak hanya akan menambah nilai tambah bagi pengguna, juga
akan membantu memperoleh peringkat mesin pencari.


Agar memenuhi praktik SEO, dalam mengisi artikel sebagai konten usahakan yang berhubungan dengan kata kunci produk yang dijual.


4. Optimalkan foto produk

Pencarian gambar telah menjadi fungsi yang sangat populer dikalangan
pengguna internet untuk mencari produk secara online. Oleh karena itu,
website toko online perlu menambahkan kata kunci yang terkait ke dalam
tag ALT setiap foto produk.


Adalah langkah SEO ampuh bila tag ALT foto relavan dengan kata kunci website.


5. Deskripsi Meta unik untuk setiap halaman

Deskripsi Meta atau meta description adalah hal SEO yang dapat paling
membantu toko online kita tampil lebih atas di hasil pencarian. Karena
itu, setiap halaman harus mengandung deskripsi meta yang berlainan.


6. Optimalkan Anchor Text

Menambahkan kata kunci ke link internal di website toko online akan
membantu untuk meningkatkan visibilitas website toko online kita di
mesin pencari.


Daripada mengtautkan halaman lain dengan kata ‘klik di sini’ lebih baik dengan kata ‘produk dupa lainnya‘ atau ‘bacaan menarik berikutnya‘.


Usahakan membuat blogger lain menulis review tentang produk dan
website toko online kita. Link balik dari mereka sangat berharga dalam
SEO.


7. Navigasi yang baik

Salah satu cara SEO adalah mempermudah pengunjung menelusuri
halaman-halaman yang ada pada website toko online kita. Untuk itu
navigasi ke halaman lainnya amat diperlukan.


Kita bisa menempatkan tautan kategori, tag, daftar halaman, bahkan peta situs atau sitemap sebagai navigator.


Perlu diingat, hasil mengoptimalkan website atau SEO sangat secepat
kilat terjadi. Selain membutuhkan kejelian memilih kata kunci dan
mempelajari trik SEO, kita juga dituntut bersabar menunggu hasil
pengoptimalan membuahkan hasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar